Latihan Dasar Kepemimpinan Islam Siswa (LAPIS)

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Saudaraku IPMawan dan IPMawati.
        
       Ahad 1 Juli 2012, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kota Kendari kembali meluncurkankan program terbarunya yaitu melaksanakan “Latihan Dasar Kepemimpinan Islam Siswa” yang disingkat LAPIS. Kegiatan yang setara dengan Pelatihan Kader Taruna Melati 1 (PKTM 1) untuk menjaring kader-kader pemimpin islam yang berkualitas dan berakhlak mulia di tengah-tengah arus globalisasi yang begitu cepatnya meluas di kalangan remaja.

       Kegiatan LAPIS yang bertemakan “Membangun Karakter Pelajar Islam dengan Berfikir Global dan Bertindak Lokal”  ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kendari dan berlangsung pada tanggal 11 – 15 Sya’ban 1433 H/ 1 – 5 Juli 2012. Kegiatan latihan Kemepimpinan atau PKTM 1 ini dibuka secara resmi oleh Muhammad Anshari, kepala SMK Negeri 2 Kendari dan Muh. Mutasyim Syaifullah, Pimpinan Daerah IPM Kota Kendari. Acara pembukaan ini berlangsung dengan santai ketika PD IPM Sultra menyampaikan sambutannya dan suasana ruangan berbalik menjadi penuh dengan hiruk pikuk canda dan tawa pada saat Kepala SMKN 2 Kendari memberikan sambutan yang penuh sentuhan humor dan dirangkaikan dengan pembukaan secara resmi. Seusai Pembukaan, dilakukan penyerahan peserta secara simbolis dari Afdal Nur, ketua panitia kepada M. Syarif, Master Of Training.

       Berbagai pembelajaran berupa materi kepemimpinan dan keislaman yang dikemas menarik melalui pembelajaran tatap muka secara langsung ataupun melalui pemberian games-games edukasi yang interaktif. Materi kepemimpinan dan keislaman yang dikemas secara menarik ini membuat peserta kegiatan LAPIS
 yang berjumlah 26 orang ini semangat dalam menimba pengetahuan yang banyak dari kegiatan ini. hal tersebut dibuktikan dari keaktifan dan keberanian peserta dalam mengemukakan pendapatnya.
 

      Suatu hal yang sangat istimewa dalam kegiatan ini dapat mengundang pihak kepolisian dalam memberikan materi mengenai "Narkoba dan Pelajar" sehingga selain peserta belajar hal-hal yang berbau kepemimpinan dan kepemimpinan peserta juga dapat menambah pengetahuan mereka mengenai masalah yang mengglobal seperti masalah narkoba.

       Latihan Kepemimpinan Islam Siswa (LAPIS) ini diakhiri dengan kegiatan bernyanyi lagu gembira, dimana lagu-lagu yang dinyanyikan adalah lagu-lagu keislaman dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) se-Indonesia. serta penyerahan piala kepada peserta terbaik yang diberikan kepada IPM-awan Nur Alamsyah, SMA Negeri 4 Kendari dan IPM-awati Nur Rahma R Prajab, Pesantren Metropolitan Ummushabri.

0 komentar:

Poskan Komentar

Apa Pendapat Anda?